7 Langkah Keramas yang Tepat

Keramas, yang sudah jadi rutinitas sehari-hari, biasanya dianggap sebagai hal yang mudah dan tidak perlu teknik macam-macam. Padahal cara keramas yang salah dan dilakukan berulang-ulang bukannya menjadikan rambut sehat tetapi justru merusak keindahan alaminya tanpa Anda sadari. Temukan 7 langkah di bawah ini dan ubah cara keramasmu mulai sekarang!

  1. Basahi dengan air hangat

Apa gunanya membasahi rambut dengan air hangat? Air hangat akan membuka kutikula rambut sehingga sampo yang Anda gunakan mampu bekerja lebih efektif saat mengangkat kotoran dan produk yang terperangkap pada rambut. Selain itu, penyerapan nutrisi dari conditioner menjadi lebih mudah karena terbukanya kutikula.

 

  1. Rambut panjang? Gunakan kondisioner di awal

Ujung rambut biasanya lebih rapuh serta mudah mengalami kering dan kerusakan. Untuk melindunginya, gunakan sedikit conditioner pada ujung rambut dan bilas dengan lembut sebelum menggunakan sampo. Teknik ini akan membuat ujung rambut lebih sehat dan mengisi kutikula rambut dengan kelembaban. Buktikan dan lihat bagaimana rambut Anda menjadi lebih halus dan bersinar.

 

  1. Mulai dari kulit kepala

Cara terbaik untuk keramas adalah dengan memulai dari kulit kepala lalu ke ujung rambut. Semakin dekat dengan kulit kepala, rambut semakin muda dan memiliki lebih banyak minyak. Sedangkan ujung rambut berumur lebih tua dan biasanya paling kering serta rapuh.

 

  1. Lakukan dengan lembut

Selalu mulai dari akar rambut. Berikan tekanan sedang secara vertical untuk melancarkan aliran darah dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Gerakan memutar sangat tidak disarankan karena membuat rambut kusut. Lanjutkan dengan meratakan busa hingga ujung rambut dengan gerakan mengusap.

 

  1. Lakukan 1x saja

Mencuci rambut cukup satu kali saja. Kecuali rambut Anda sangat kotor dan satu kali mencuci belum cukup membersihkannya.

 

  1. Gunakan conditioner dari tengah hingga ujung rambut

Sebelum menggunakan conditioner, remas rambut hingga kadar kebasahannya berkurang. Setelah menggunakan conditioner, jepit rambut Anda ke atas dan lanjutkan mandi. Biarkan beberapa saat sebelum Anda membilasnya di saat-saat terakhir. Pastikan Anda tidak menggunakan conditioner di kulit kepala karena di sana lah minyak alami rambut berada.

 

  1. Bilas dengan air dingin

Bekerja berlawanan dengan air hangat, air dingin akan menutup kutikula rambut dan menjadikan rambut bercahaya.

 

Tips lainnya:

  • Seberapa sering Anda disarankan untuk keramas bergantung pada jenis rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut berminyak, keramaslah sehari sekali. Untuk rambut kering, Anda disarankan untuk keramas sekali dalam dua hari.
  • Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Jika rambut Anda kering, gunakan Sari Shampoo Jasmine. Untuk rambut berminyak, gunakan Sari Shampoo Strawberry yang mengurangi kelebihan minyak. Atau temukan pilihan Sari Shampoo yang sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan Anda.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *