Pentingkah Menggunakan Toner?

Jika Anda adalah salah satu orang yang kurang memperhatikan langkah-langkah membersihkan wajah, kini waktunya bagi Anda untuk membaca artikel yang satu ini. Atau mungkin beberapa dari Anda sedang mengalami masalah kulit yang disebabkan oleh kondisi kulit yang kurang bersih, padahal Anda merasa sudah melakukan yang terbaik. Yakin semua kotoran dan kulit mati yang ada pada kulit Anda sudah diangkat tuntas ketika Anda membersihkannya?

Sejak beberapa tahun silam, tren double-cleansing menjadi marak di Indonesia. Metode membersihkan wajah dari Asia bagian Timur ini diklaim membersihkan wajah lebih baik dibandingkan metode biasa, yang biasanya terbatas pada langkah basuh-cuci-bilas. Ide utama double-cleansing adalah menghapus make up terlebih dahulu menggunakan pembersih make up dan dilanjutkan dengan membersihkan dengan pencuci muka. Tidak berhenti sampai di situ saja, setelah itu wajah diusap dengan kapas yang telah dibasahi toner. Haruskah kita melakukan proses pembersihan sebanyak itu?

Menghapus make up dan mencucinya dengan sabun muka mungkin sudah jadi hal yang lumrah bagi sebagian besar orang. Namun bagaimana dengan toner? Sebenarnya, penggunaan toner dimaksudkan untuk mengangkat kotoran dan residu yang tertinggal setelah membersihkan muka. Karena tahap sebelum toner memang belum bisa menjamin kebersihan wajah. Kulit wajah yang tidak bersih secara menyeluruh bisa mengurangi efektivitas produk-produk perawatan kulit yang Anda aplikasikan. Semakin bersih kulit Anda, semakin banyak nutrisi dan vitamin yang bisa diserap olehnya.

Walaupun diformulasikan untuk tujuan tersebut, toner juga dilengkapi dengan bahan-bahan yang berkhasiat untuk kulit. Karena itu pun jenisnya beragam. Ada yang untuk melembabkan, meringkas pori-pori, atau khusus untuk kulit sensitif.  Jadi, jika Anda bertanya apakah menggunakan toner penting atau tidak? Jawabannya ya! Sudah saatnya Anda menambahkan langkah perawatan yang satu ini dalam kebiasaan harian Anda.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *