Tentukan Jenis Kulit Anda

Semua tips kecantikan di mana pun pasti menyarankan untuk memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Pernah merasa bingung menentukan jenis kulit sendiri? Normal, berminyak, kering, atau kombinasi? Temukan cara menentukan jenis kulit dengan langkah-langkah ini:

  1. Bersihkan wajah Anda dari make up terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan mencuci muka dengan sabun muka untuk mengangkat minyak dan kotoran. Pastikan wajah Anda bersih dan segar.
  2. Tunggu selama dua jam tanpa mengaplikasikan produk apa pun pada kulit. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kondisi alami kulit Anda.
  3. Teliti apa yang terjadi pada kulit Anda setelah dua jam dan perhatikan kondisinya. Apa yang Anda lihat? Cocokkan dengan karakteristik kulit yang di bawah ini.

Kulit Normal

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kulit normal biasanya tidak mengalami pengelupasan atau berminyak. Kulit jenis ini cenderung tetap halus dan tidak menunjukkan gejala apa pun sehingga seringkali membuat orang lain iri. Jika Anda beruntung memiliki jenis kulit normal, pilih produk perawatan atau make up yang ringan. Jangan berikan produk dengan formula yang terlalu kental atau berat.

Kulit Berminyak

Dua jam setelah membersihkan muka, kulit berminyak akan terlihat memantulkan lebih banyak cahaya karena produksi minyak yang lebih banyak dari kulit lainnya. Selain itu, Anda akan menemukan sedikit rasa ‘lengket’ saat menyentuh kulit wajah. Anda yang memiliki jenis kulit ini pastinya sudah akrab dengan munculnya jerawat yang tidak diinginkan. Tetapi jangan khawatir, produk-produk dengan tekstur gel dan cair diciptakan khusus untuk kulit Anda. Pastikan juga Anda menghindari tekstur emulsi yang cenderung ‘berat’ untuk kulit berminyak.

Kulit Kering

Berlawanan dengan kulit berminyak, jenis kulit kering justru akan terasa seperti ‘ditarik’ setelah melakukan langkah-langkah di atas. Tidak jarang kulit jenis ini mengalami pengelupasan. Pelembab sudah jadi sahabat sejati untuk Anda yang memiliki kulit kering. Bagaimana tidak? Melupakan produk yang satu ini bisa jadi malapetaka besar untuk kulit kering. Produk terbaik baginya adalah yang mengandung nutrisi dalam bentuk lotion atau krim. Lebih baik lagi apabila produk tersebut dilengkapi dengan bahan-bahan anti iritasi.

Kulit Kombinasi

Menemukan karakteristik kulit di atas pada wajah Anda? Anda jelas-jelas memiliki jenis kulit kombinasi. T-Zone Anda memiliki karakterisik kulit berminyak, sedangkan karakteristik kulit kering dan normal ditemukan pada bagian lainnya. Lalu apakah kulit kombinasi harus dirawat dengan produk yang berbeda? Tentu saja! Berikan produk berbentuk gel atau cair pada daerah berminyak, sedangkan daerah yang kering dapat Anda rawat dengan produk lotion atau serum yang ringan.

 

Tips: Kulit berminyak Anda belum tentu sama dengan kulit berminyak yang lainnya. Begitu juga jenis kulit lainnya. Setiap orang memiliki kulit dengan keadaan yang berbeda satu sama lain. Karena itu, produk yang baik bagi seseorang belum tentu baik untuk kulit orang lain yang berjenis sama. Walau pun ulasan produk sangat membantu kita dalam mencari produk, pilihlah produk perawatan yang mampu memberikan apa yang kulit Anda butuhkan, bukan produk yang memiliki hasil baik pada orang lain.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *